Kejagung Periksa Anak Walikota Serang

Diduga Terkait Perkara Gratifikasi

0
49

KURVA.CO.ID, JAKARTA – Anak Walikota Serang, Syafrudin dikabarkan telah diperiksa Kejaksaan Agung (Kejagung) RI. Pemeriksaan terhadap Sandy Bela Sakti ini terkait dugaan gratifikasi yang terjadi di lingkungan Pemkot Serang.

Diperoleh informasi, pemeriksaan terhadap anak orang nomor satu di Kota Serang ini berdasarkan surat yang dilayangkan Kejagung nomor B-41/F.2/Fd.1/01/2021 pada 19 Januari 2021. Tidak tertutup kemungkinan, Kejagung juga akan meminta keterangan Walikota Serang, Syafrudin.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak membenarkan pemeriksaan terhadap Sandy Bela Sakti beberapa waktu lalu. “Iya benar, kami telah melakukan pemanggilan saudara Sandy Bela Sakti untuk dimintai keterangan,” ungkap Leo, Senin (1/2).

Pemanggilan itu, kata Leo, masih terkait penyelidikan untuk dugaan salah satu perkara hukum di lingkungan Pemkot Serang. “Ini masih penyelidikan, kami masih mengumpulkan bahan dan keterangan dari berbagai pihak,” tambah Leo.

Kendati begitu, Leo belum mau mengungkap detil perkara yang tengah diselidiki Kejagung di lingkungan Pemkot Serang. “Nanti dulu ya, ini masih penyelidikan, masih kita dalami,” ujar Leo.

Selain Sandy Bela Sakti, kata dia, Kejagung juga telah melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap tujuh orang terkait kasus yang tengah didalami Kejagung. Saat ditanya apakah penyidik Kejagung juga bakal memeriksa Walikota Serang, Leo belum berkomentar banyak. “Nanti dulu, masih penyelidikan,” tandasnya.

Di bagian lain, Kordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (Maki) Boyamin Saiman meminta agar Kejagung harus bergerak cepat terhadap kasus yang tengah didalami Kejagung.

“Kejagung harus bergerak cepat karena ini perintah undang-undang,” ungkap Boyamin.

Selain itu, Boyamin berpendapat bahwa perkara gratifikasi merupakan bagian dari korupsi. “Gratifikasi juga bagian korupsi. Seharusnya penyelidikan ini dikembangkan yakni gratifikasi dan pencucian uang,” harap Boyamin. (MI/BUD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here