SHARE

KURVAcoid, Jakarta – Pasar gim Asia Tenggara dan Indonesia dinilai sebagai lahan subur dan terus dibidik oleh para produsen.

Hasil riset Newzoo menunjukkan, pada 2017 di Indonesia terdapat 43,7 juta pemain gim atau nomor 16 terbesar di dunia. Total perputaran uang dari industri gim ini mencapai US$880 juta atau sekitar Rp13,38 triliun.

Sementara itu, untuk para pegiat eSport di kawasan Asia Tenggara jumlahnya mencapai 9,5 juta gamers. Angka ini diprediksi akan naik dua kali lipat pada 2019.

Salah satu perusahaan yang berusaha menancapkan kuku di industri mobile game Asia Tenggara ini adalah The Walt Disney Company (TWDC).

Director and Head of Games and Apps TWDC Asia Tenggara Je Alipio menjelaskan bahwa berdasarkan penelitian pasar oleh lembaga riset pasar Niko, jumlah populasi Asia Tenggara berjumlah lebih 500 juta jiwa. Sementara itu 60 persen dari pengguna ponsel di Asia Tenggara memakai ponsel pintar.

Nilai pasar gim di Asia Tenggara pun diperkirakan mencapai US$2,7 atau sekitar Rp41 triliun.

Tak heran perusahaan asal Amerika ini merilis dua gim mobile terbaru, yaitu Marvel Battle Lines dan Disney Epic Quest, untuk menguasai pasar tersebut.

“Pasar Asia Tenggara merupakan pasar strategis dan top. Untuk gim Epic Quest saja khusus dikembangkan untuk pasar Asia Tenggara,” kata Je di Indonesia Comic Con 2018, Jakarta Selatan, Sabtu (24/10).

Gim Disney Epic Quest merupakan gim yang menyatukan karakter Disney dan Pixar dan bergenre role playing yang membuat pemain bisa berkelana sembari bertarung di panggung digital.

Saat ini Epic Quest masih dalam tahapan pra-pendaftaran dan baru akan dirilis pada 2019 untuk pengguna iOS dan Android.

“Di gim ini jangan kaget kalau Mickey si tikus bertarung melawan Baymax, Donald Bebek dan Davy Jones,” kata Publishing Services Manager goGame, Gerry Yulian.

goGame sebagai pihak pengembang menyebut pihaknya coba mempertahankan keaslian karakter dengan membentuk tim khusus yang memantau setiap gerakan karakter di Disney dan Pixar, agar sesuai dengan film.

“Kami ada animator yang kerjaannya nonton fim Disney untuk referensi gerakan dan kemampuan karakter ke gerakan karakter di gim,” ujar Gerry.

Selain Epic Quest, TWDC juga menghadirkan gim Marvel Battle Lines yang menampilkan ratusan karakter ikonik dari Marvel.

Gim ini bergenre permainan kartu dengan gameboard 3×4 yang dinamis. Pemain bisa mengoleksi dan membentuk dek kartu dengan berbagai pilihan karakter Super Hero maupun Super Villain Marvel. (cnn/ans)