SHARE

KURVAcoid, Serang – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Serang mengoptimalkan pelayanan masyarakat berbasis OSS (Online Single Submission) dalam membuat perizinan.

“Sebagai implementasi pelayanan perizinan berbasis elektronik, artinya bahwa pelaksaanaan perizinan itu SOP (Standar Operasional Prosedur) harus jelas. Kalau tidak sinergi dengan SOP instansi terkait atau OPD yang lain berarti pelayanan perizinan akan terhambat,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Serang Mamat Hambali, dalam acara implementasi dan konsolidasi peningkatan pelayanan perizinan melalui OSS di Serang, kemarin.

Mamat berharap melalui kegiatan tersebut OPD terkait yang mengeluarkan perizinan bisa bersinergi dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat Kota Serang untuk mengurus perizinan.

Menurut Mamat, dalam proses perizinan melalui OSS masyarakat bisa mempercepat waktu pengurusan perizinan, bisa terhindar dari praktek percaloan maupun pungutan liar (pungli).

“SOP-nya harus jelas, baik di kita maupun di OPD. Supaya tidak ada kendala, misalnya kita menargetkan untuk izin lokasi dan IMB 12 hari, jangan sampai terkendala di OPD teknisnya.” kata Mamat.

Namun demikian kata dia, dalam proses perizinan online ini masih menghadapi kendala sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta kendala teknis terutama di OPD lain. Oleh karena itu melalui kegiatan ini diharapkan adanya sinergitas antara DMPTPSP dan juga OPD teknis.

“Nanti ke depannya harus ada orang dinas teknis yang gabung di DPMPTSP,” katanya.

Sementara itu, ditempat yang sama Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin, mengatakan acara ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan perizinan usaha secara elektronik.

“Ini acara DPMPTSP sangat bagus mudah-mudahan outputnya bisa bermanfaat dan sekaligus bisa memperlancar perizinan ketika masyarakat atau para pengusaha mengajukan perizinan di Kota Serang dengan sistem yang OSS tersebut” kata dia. (antara/ans)