SHARE

KURVAcoid, Tangerang – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita yakin kepercayaan investor terhadap Indonesia tidak akan terganggu akibat teror bom beruntun di Surabaya. Pasalnya pemerintah bergerak cepat merespons kejadian tersebut.

“Saya rasa tidak (terpengaruh ke investor) karena mereka juga percaya itu bisa teratasi,” kata Enggar di Tangerang, Banten, Senin.

Dia pun meminta investor tetap yakin bahwa pemerintah tidak tinggal diam atas kejadian tersebut.

“Percayalah bahwa pemerintah akan mengatasi. Jadi perkembangan, terus kemudian ada juga (pelaku) yang terkena ditembak di satu tempat. Jadi artinya sangat serius untuk ditangani. Percayakan lah kepada aparat keamanan,” lanjutnya.

Sejumlah negara pun sudah mengeluarkan travel advice untuk imbauan kepada warga negaranya di Indonesia. Hal ini menyusul teror bom.

“Sesaat ada travel advice itu satu hal yang wajar, dan ini juga kita saksikan (contoh) pada saat yang sama di Paris juga terjadi (teror) ya kan, itu kemudian kita juga pasti duta besar kita meminta untuk hati-hati. Semua pasti lakukan (travel advice),” ujarnya.

Enggar melanjutkan, keseriusan pemerintah menangani ini pun ditunjukkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang langsung meninjau lokasi peristiwa pemboman tersebut.

“Ini memang ada kejadian itu. Tapi percayalah tidak akan terlalu lama undercontrol. Bapak presiden sendiri langsung meninjau, langsung mengambil langkah,” tambahnya. (detik/ans)