SHARE

KURVAcoid, Tangerang – Misi pembelian di hari keempat penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 berhasil meraih transaksi sebesar US$1,39 miliar.

“Importir negara mitra dagang dan eksportir Indonesia menandatangani sebanyak lima MoU dengan nilai mencapai 1,39 miliar dolar AS pada hari keempat TEI 2018,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Arlinda, kemarin.

Misi pembelian ditandai dengan penandatanganan sebanyak dua nota kesepahaman (MoU) yang disaksikan langsung oleh Arlinda di InternationalConvention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, Banten.

Penandatanganan kontrak dagang dilakukan dengan importir Italia sebesar US$41 juta untuk produk kertas dan Arab Saudi sejumlah US$1,34 miliar untuk sektor perdagangan, pariwisata, dan investasi (TTI) umrah dan haji.

Kemudian penandatanganan dengan importir Yordania senilai  US$6 juta dan Palestina sebesar US$1 juta masing-masing untuk produk makanan dan minuman.

Arlinda menyampaikan, masih ada MoU yang akan ditandatangani pada hari terakhir pelaksanaan TEI 2018.

Sebelumnya, total MoU pada hari pertama sebanyak 44 MoU dengan nilai US$4,96 miliar.

Pada hari kedua dilaksanakan 18 penandatangan MoU dengan nilai sebesar US$131,17 juta dan hari ketiga ada 9 MoU dengan nilai US$60,03 juta.

“Dengan demikian, total misi pembelian hingga hari keempat tercatat sebesar US$6,54 miliar,” kata Arlinda. (antara/ans)