SHARE

KURVAcoid, Serang – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy diundang berkunjung ke markas Komando Grup 1 Kopassus, Kota  Serang, Rabu. Kunjungan Andika disambut langsung Komandan Grup 1 Kopassus Kolonel Infanteri Lucky Avianto di gerbang masuk markas kesatuan elit TNI tersebut. Mengawali kujungannya Andika melakukan penanaman pohon di areal depan markas Grup 1 Kopassus itu.

Usai menanam pohon, Andika lalu diajak berkeliling areal markas tentara seluas 16 hektar tersebut dengan mengendarai kendaraan taktis militer didampingi Lucky. “Saya diundang Dangrup untuk berkunjung ke sini dalam rangka silaturahmi, untuk mempererat relasi sesama aparat Negara di Banten,” kata Andika usai kunjungan kepada pers.

Selama berkeliling tersebut, Andika menyaksikan areal markas yang sangat luas itu diisi oleh berbagai fasilitas pemukiman bagi anggota TNI di kesatuan tersebut, mulai dari asrama bagi anggota yang masih belum berkeluarga hingga perumahan bagi anggota kesatuan yang sudah berkeluarga. Selain itu, juga tampak berbagai fasilitas umum seperti sarana ibadah, lalu juga lapangan olahraga dan berbagai fasilitas olahraga lainnya, sekolah dasar, klinik kesehatan hingga fasilitas rekreasi seperti kolam ikan pancing.

Didampingi Dangrup 1 Kopassus Kolonel Infanteri Lucky Avianto, Wagub Banten Andika Hazrumy berkeliling markas Grup 1 Kopassus dengan menggunakan kendaraan taktis militer.

Andika mengaku baru pertama kali berkeliling kawasan tersebut, dan mengaku sangat banga karena di Banten terdapat satu kesatuan TNI yang bersifat vital dan dalam kapasitas yang juga besar. “Keberadaan Grup 1 di Banten ini menunjukkan bahwa Banten itu strategis bagi kepentingan Nasional,” ujarnya.

Lebih jauh Andika mengatakan, dengan kunjungan tersebut diharapkan relasi antara TNI, khususnya aparat yang berdinas di Grup 1 Kopassus dengan pemerintah daerah di Banten semakin erat. Menurutnya, melalui tali silaturahmi tersebut, upaya untuk membangun Banten melalui mensejahterakan warganya akan terasa ringan untuk dikerjakan bersama-sama.

“Ya artinya kan pemda tidak sendirian, ada TNI, ada Polri yang siap membantu membangun Banten tanpa diminta,” katanya.

Sementara itu, Dangrup 1 Kopassus Kolonel Infanteri Lucky Avianto mengatakan, dirinya sengaja mengundang Andika karena ingin mengenal secara pribadi sosok Andika, dan juga dalam rangka mempererat silaturahmi dalam kaitan keberadaan dirinya dalam memimpin kesatuan TNI yang bermarkas di wilayah Banten.

“Sudah sering ketemu di acara-acara, dan saya berkeinginan untuk menjamu beliau untuk hadir langsung di markas kami sekalian juga untuk melihat-lihat,” kata Lucky.

Lebih jauh Lucky mengaku senang Andika bisa menerima undangannya dan berkenan untuk datang. Menurutnya Andika adalah sosok pemimpin muda yang saat ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat untuk memimpin pemerintahan yang bertugas melayani masyarakat. “Kebetulan kan kami ini sama-sama muda juga,” ujarnya.

Lucky berjanji pihaknya akan menjaga sinergitas dengan pemerintah daerah di Banten, sepanjang sesuai dengan kewenangan dan tupoksi TNI. “Dalam hal hankam (pertahanan dan keamanan) itu kan sudah jelas tupoksi kami TNI,” ujarnya.

Untuk diketahui, Lucky menjabat sebagai Komandan Grup 1 Kopassus sejak April lalu menggantikan pendahulunya, Kolonel Infanteri Yuri Elias Mamahi. (dham/ans)