SHARE

KURVAcoid, Jakarta – Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis, dibuka menguat sebesar 17,80 poin ditopang sentimen positif di dalam negeri dan meredanya aksi jual.

IHSG dibuka menguat 17,80 poin atau 0,30 persen menjadi 5.962,10. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 4,41 poin atau 0,47 persen menjadi 938,80.

Analis Senior CSA Research Institue Reza Priyambada di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa berkurangnya aksi jual investor asing, yang diiringi dengan sejumlah berita positif dari dalam negeri menjadi faktor penopang bagi IHSG.

“Kinerja emiten di BEI relatif positif, ditambah sentimen Asian Games diproyeksikan meningkatkan kepercayaan konsumen di dalam negeri, kondisi itu memicu investor kembali melakukan akumulasi saham,” katanya.

Ia menambahkan pembicaraan perdagangan Amerika Serikat dengan Tiongkok diharapkan menghasilkan kesepakatan di tengah perselisihan perdagangan kedua negara itu.

Ia mengharapkan sentimen yang beredar masih menopang kenaikan IHSG ke depannya, diproyeksikan indeks akan bergerak di kisaran level 5.926-5.989 poin pada kamis (23/8) ini dengan kecenderungan menguat.

“Meski demikian, tetap mewaspadai berbagai sentimen negatif yang bisa saja muncul dan dapat menahan penguatan IHSG,” katanya. (antara/ans)