SHARE

KURVAcoid, Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman berkolaborasi dengan PT Elex Media Komputindo meluncurkan literasi maritim kekinian melalui komik serial Si Juki Jalan-Jalan Nusantara tentang 10 kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Deputi Bidang Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Kemaritiman Agung Kuswandono dalam acara peluncuran di Jakarta, Rabu, mengungkapkan bahwa Kemenko Kemaritiman memang menargetkan generasi muda atau milenial agar terbina semangat dan jiwa maritim.

Menurut Agung, dengan adanya komik serial terkait jalan-jalan di berbagai kawasan pariwisata nasional, maka diharapkan akan meningkatkan nasionalisme dan rasa cinta Tanah Air.

“Bila anak-anak muda melihat sendiri betapa luas dan indahnya Nusantara, rasa cinta Tanah Air akan terbangun. Itu harapan kami,” paparnya.

Ia juga mengemukakan bahwa dengan semakin banyaknya literasi mengenai isu kemaritiman maka ke depannya juga bakal meningkatkan pemahaman masyarakat tentang hal tersebut.

Agung juga mengutarakan harapannya agar gerakan literasi yang dirancang dengan kemasan ringan yang menarik maka juga akan lebih diterima oleh kalangan milenial.

“Semoga buku-buku ini dapat diterima dengan baik bagi generasi muda penerus cita-cita mewujudkan poros maritim dunia,” ucapnya.

Ia memaparkan, pada saat ini memang baru ada 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, tetapi ke depannya bakal diperbanyak hingga ratusan destinasi pariwisata.

Agung mengingatkan bahwa mengembangkan pariwisata tidak hanya sekadar menjual panorama tetapi perlu dikembangkan akses dan sarana-prasarana yang baik di sana.

Sementara itu, kreator Si Juki, Faza Meonk, mengungkapkan, dalam proses meriset bahan untuk komik ini ternyata menemukan bahwa kalimat “Indonesia itu Indah” merupakan hal yang benar adanya.

Selain indah, ujar Faza, dirinya juga menemukan keberagaman budaya yang begitu sangat luar biasa.

“Keberagaman inilah yang membentuk Indonesia, inilah harta karun Indonesia. Karena itulah, dalam cerita kali ini saya membuat konsep petualangan dengan misi rahasia dengan berbagai misi yang harus dilalui oleh Si Juki yang kali ini ditemani oleh Mang Awung,” tuturnya.

Si Juki adalah karakter komik lokal yang penjualan bukunya, menurut data Elex Media, telah terjual lebih dari 100.000 eksemplar dari semua serinya sejak tahun 2017.

Dalam edisi perdana Si Juki dalam petualangannya keliling nusantara adalah Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, dan menjelajahi sejumlah lokasi di sana seperti Bukit Cinta, Gua Batu Cermin, Pulau Padar, Pink Beach, dan Taman Nasional Pulau Komodo Manggarai Barat-Flores. (antara/ans)